Membersihkan Peralatan Rias Untuk Hindari Dari Bakteri


Membersihkan Peralatan Rias Untuk Hindari Dari Bakteri
Tak hanya wajah yang membutuhkan perawatan. Namun, peralatan dan perlengkapan kecantikan pun memerlukannya juga. Merawat peralatan kecantikan dapat membuat alat-alat tersebut bersih dan awet.

Jika kita tidak rajin merawatnya, bukan tak mungkin peralatan dihinggapi bakteri yang suka dengan tempat lembab. Hal itu dapat menyebabkan kulit iritasi serta berjerawat.

"Peralatan make-up atau kecantikan harus rajin dibersihkan, tetapi sebelum membeli perhatikan pula bahan dan petunjuk membersihkannya," ujar Nila dari Toko 49, sebuah distributor peralatan kecantikan.

Beberapa peralatan dan perlengkapan kecantikan yang membutuhkan perawatan adalah pinset, penjepit bulu mata, bulu mata, serta ikat rambut.

1. Pinset
Pinset memiliki fungsi sebagai pencabut alis maupun bulu-bulu yang terdapat di sekitar wajah maupun tubuh. Pinset dengan ujung lancip baik untuk menganbil komedo, ujung miring untuk mencabut alis. Pinset biasanya terbuat dari stainless, untuk membersihkannya agar tidak berkarat, sebaiknya bersihkan dengan tisu setelah menggunakannya. Untuk mensterilkan, olesi tisu dengan alkohol selama beberapa menit pada pinset.

2. Penjepit bulu mata
Penjepit bulu mata ada yang terbuat dari bahan stainless steel dan plastik. Unuk sebagian orang, bagian penjepit bulu direndam air hangat, agar menghasilkan bulu mata yang lentik. Sedangkan untuk membersihkannya, bersihkan dengan air hangat setelah menggunakannya.

3. Bulu mata palsu
Saat ini tersedia bulu mata palsu yang dapat digunakan beberapa kali. Untuk bulu mata ini pilih yang berbahan lentur, tidak gampang putus, dan anti bakteri, sehingga aman untuk dipakai berulang-ulang. Setelah dipakai, bulu mata dilepas dan langsung ditempelkan di tempat bulu mata berbentuk U, kemudian disisir untuk membersihkan sekaligus merapikannya.

4. Ikat rambut
Bagi mereka yang memiliki rambut panjang, pemakaian ikat rambut atau pin (kawat rambut untuk merapikan rambut) merupakan suatu keharusan. Karena untuk merapikan sekaligus "mengusir" gerah, ikat rambut dan pin sering digunakan. Untuk membersihkannya, cuci dengan shampoo atau menggunakan pelembut pakaian.

"Cuci ikat rambut dan pin dengan pelembut baju atau shampoo, conditioner juga bisa supaya ikat rambut tetap lembut dan bersih, kalau pakai deterjen nanti kasar dan bahan kimianya keras," pungkas Nila.

Category: ,